25 Jun 2012

townhouse


Memilih TOWNHOUSE sebagai alternative hunian


Palembang BP

                  Sebagai salah satu kota dengan perkembangan yang sangat pesat, Palembang tumbuh sebagai kota metropolitan dengan berbagai aktivitas dan sektor yang membutuhkan tenaga-tenaga ahli dari kota lain. Seiring dengan pertumbuhan kota tersebut maka kebutuhan akan hunian dan tempat tinggal pun ikut bertambah. Salah satu pilihan jenis hunian yang saat ini berkembang pesat adalah “townhouse”.

Banyak orang yang hendak membeli rumah tidak mengerti setiap katagori rumah yang mereka datangi, ada yang membeli rumah dikarenakan namanya yang unik, ada juga yang membeli rumah karena nama perumahannya menggunakan bahasa asing, dan lain sebagainya, Yang jelas di mata mereka rumah tersebut aman dan nyaman untuk dihuni.

Pada saat ini sedang popular rumah-rumah yang menggunakan istilah townhouse yang banyak digunakan sebagai branding oleh pihak developer. Townhouse tersebut ditampilkan dalam ilustrasi rumha minimalis yang saling bergandeng dan menggunakan warna-warna yang cerah, kemudian muncul pertanyaan, sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan townhouse tersebut, dan kira-kira pa yang mmbedakan ia dengan bentuk-bentukan rumah lainnya ?

Muhammad Fajri Romdhoni ST MT, tenaga pengajar teknik Arsitektur Unsri menjelaskan bahwa Townhouse merupakan suatu istilah yang dikemas secara exclusive oleh banyak developer untuk menaikkan pencitraan atau image sebuah perumahan. Pengertian townhouse adalah sebuah mini kompleks yang didalamnya terdapat beberapa rumah yang dibangun secara serasi baik bentuk dan ukurannya dengan penyusunan yang teratur, jumlah rumah lebih terbatas daripada konsep yang lain yaitu sekitar 10 s/d 30 unit saja dengan lingkungan yang tertutup untuk lintasan  masyarakat umum dengan memiliki beberapa fasilitas bersama, seperti kolam renang, club house, jogging track, serta taman, oleh karena itu rumah yang mengusung konsep exclusive town house sering di sebut jenis hunian separuh apartemen separuh rumah.

Di Indonesia, tren town house mulai berkembang sejak pertengahan 1990-an. Waktu itu, kompleks kecil tersebut lebih membidik pasar ekspatriat. Karenanya, sebagian rumah-rumah di town housekemudian disewakan kepada para pekerja berkewarganegaraan asing.

Istilah town house sebetulnya diadopsi dari Amerika Serikat. Di sana, rumah bandar dikenal dengan sebutan row house. Tapi, akhirnya diganti menjadi town house untuk kepentingan promosi. Cuma, proyek di Indonesia belum meniru seutuhnya konsep dari Negeri Paman Sam itu, di mana penghuni memiliki ruang parkir di bawah hunian.

Namun belakangan ini konsep townhouse disalah artikan oleh pengembang ataupun developer dengan membangun lebih dari 100 unit rumah, namun secara keliru menyebut proyek tersebut dengan rumah Bandar / townhouse. Hal ini menyebabkan kerancuan dari konsep townhouse itu sendiri.

Dari penjelasan yang telah dijabarkan diatas, ada sedikit perbedaan pengertian exclusive town house yang berkembang di Indonesia dengan yang berkembang di Negara lain, di eropa dan amerika misalnya, exclusive town house didefinisikan sebagai rumah tinggal yang dibangun secara berderet dimana dinding rumah satu dan yang lainnya saling menempel yang dibangun ditengah kota dimana rumah tersebut dimiliki penuh oleh pemiliknya (bukan sewa) sebagai alternative rumah murah ditengah kota yang jauh dari citra exclusive, kecuali dibeberapa tempat seperti new York dan boston yang memang harga tanah dikota tersebut sudah sangat tinggi. Jadi bisa disimpulkan bahwa dalam hal ini pengertian exclusive town house di Indonesia sudah mengalami pergeseran makna dari definisi yang berlaku diluar negeri pada umumnya.

Dari berbagai keunggulan yang dimiliki oleh townhouse, seperti kemanan, kepraktisan tempat tinggal, kenyamanan, keteraturan yang tertata dengan baik, tetapi townhouse juga memiliki kekurangan dan kelemahan, pertama adalah karena penghuni yang tinggal berjumlah relatif sedikit maka sosialisasi dengan tetangga satu kompleks menjadi sangat terbatas dan kedua adalah para pemilik tidak boleh sembarangan mengubah desain mereka karena aturan tinggal di sebuah kompleks townhouse adalah tidak boleh mengganti desain asli rumah karena dapat mengakibatkan berubahnya tatanan serta estetika rumah yang telah dirancang. fr

ilustrasi townhouse dan rowhouse


townhouse di negara eropa, pada umumnya sangat sederhana dengan elemen estetika yang "tidak berlebihan"



townhouse di singapore sangat mewakili daerah tropis, serta elemen estetika nya lebih mencerminkan gaya urban dan metropolitan



0 comments:

Posting Komentar

all images are copyright of : muhammadfajriromdhoni@gmail.com. Diberdayakan oleh Blogger.
 
Copyright 2008 muhammadfajriromdhoni. created by kreaSiguntang © by muhammadfajriromdhoni